20 September 2017

author photo
Jakarta - Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar memberikan ceramah di Universitas Diponegoro, Semarang. Cak Imin mengupas topik relasi Islam dan Politik.
Belakangan, Islam dan politik coba dipertentangkan. Padahal, keduanya merupakan bagian yang integral dan saling berhubungan.

"Sejak kelahirannya, gerakan Islam merupakan entitas yang menjadi bagian dari kekuasaan politik ataupun dianggap sebagai ancaman bagi kekuasaan yang telah ada.  Kompromi, persuasi, koalisi, oposisi, konsensus bahkan perang, merupakan bagian integral dalam perkembangan Islam,” kata Cak Imin melalui keterangan pers, Rabu (30/8/2017).

Dalam pidato berjudul "Membumikan Pancasila dan Islam Rahmatan Lil ‘Alamin Dalam Sistem dan Lanskap Politik Nasional dan Daerah", Cak Imin coba mengupas hubungan erat antara Islam dan politik.

Cak Imin mengemukakan beberapa analisis terhadap sejumlah persoalan faktual yang sedang dialami oleh bangsa indonesia.

"Islam politik jangan dimaknai sebagai hal yang negatif. Islam politik sama sekali tidak identik dengan fundamentalisme," imbuh dia.

Untuk menjawab segala tantangan itu, konsep Islam Rahmatan Lil Alamain bisa menjadi solusi. Sedikitnya ada dua hal prinsip yang terkandung pada prinsip ini, yakni kemanusiaan dan keadilan.
sumber: http://news.liputan6.com

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement