30 Januari 2018

author photo
Kutim. Teras Bangsa.com. Komisioner Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kutai Timur (Kutim) melakukan verifikasi faktual kepada Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kutim pada Selasa (30/1). Verifikasi dilakukan di Sekretariat PKB, Jl. Yos Sudarso IV Gang Sankis, Desa Teluk Lingga, Sangatta Utara, Kutim.
Pihak KPUD yang melakukan verifikasi yakni Suyuti, salah satu komisioner bersama rombongan tim verifikasi serta dengan diawasi oleh beberapa Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kutim.

Menurut Suyuti, verifikasi dilakukan dengan mengacu pada PKPU nomor 6 tahun 2018 tentang Pendaftaran, Verifikasi, dan Penetapan Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Anggota Dewan Perwakilan Rakyat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah. Yang diverifikasi antara lain data pengurus dan sampel anggota yang ada dalam sipol dicocokkan dengan KTP, KTA Partai, maupun SK Partai. “Jadi nanti yang diverifikasi antara lain data pengurus maupun anggota yang masuk dalam sipol dicocokkan dengan KTP maupun KTA dan SK pengurus bagi yang masuk pengurus”, ujar Suyuti. Nanti apabila ada pengurus yang berhalangan hadir maka bisa diverifikasi melalui video call (video conferens), namun apabila tidak bisa, maka yang bersangkutan diminta untuk ke KPU besok hari”, tambahnya.

Verifikasi sendiri dilakukan mulai pukul 14.00-15.30 wita dengan cara memanggil satu persatu pengurus maupun anggota untuk dicocokkan dengan KTP, KTA, dan data dalam sipol. Menurut Sekretaris PKB Kutim, Muhyidin, pihaknya menghadirkan jajaran pengurus DPC, mulai dari Dewan Syura maupun Dewan Tanfidz. Selain itu juga, unsur pengurus DPAC dari 10 Kecamatan, antara lain dari Sangatta Selatan, Sangatta Utara, Teluk Pandan, Batu Ampar, Bengalon, Kongbeng, Muara Wahau, Telen, Rantau Pulung dan Kaliorang turut dihadirkan. “ Dalam verfak ini, kami hadirkan pengurus DPAC dari berbagai Kecamatan dan juga keterwakilan anggota, hari ini yang hadir dan mengikuti verfak kurang lebih 45 orang”, terang Yidin panggilan akrabnya.

Setelah sekira 1 jam 30 menit proses verifikasi, Sobirin, Ketua DPC PKB Kutim merasa optimis dan yakin bahwa partainya akan lolos verifikasi faktual. “Kami yakin verifikasi faktual hari ini membuahkan hasil maksimal karena kami telah menyiapkan semuanya jauh-jauh hari, hanya saja tadi sedikit terkendala dengan ketidakhadiran bendahara, namun insyaAllah besok yang bersangkutan bisa datang ke KPU untuk diverifikasi, namun hal itu menurut kami bukan kendala yang berarti, dan kami yakin PKB akan lolos verfak”, ujar Sobirin yang juga menjadi anggota DPRD Kutim 2 periode.***mchtr

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement