19 Agustus 2018

author photo

Sangatta-Paguyuban Panginyongan Kabupaten Kutai Timur (Kutim) melakukan arisan bulanan di Gg Melati Jl Karya Etam, Sangatta Utara pada Minggu (19/8/2018). Kegiatan yang telah berlangsung selama dua tahun ini dihadiri oleh 35 warga ngapak dari berbagai daerah yang berdomisili di Kutim.

Untuk diketahui, paguyuban panginyongan merupakan paguyuban yang didalmnya warga dari daerah ngapak,dan berdomisili di Kutim. Daerah ngapak tersebut antara lain Purwokerto, Tegal, Pemalang, Cilacap, Kebumen, Banjarnegara, Banyumas, dan Brebes.

Dalam acara rutin yang diadakan satu bulan sekali, pada hari ini diringi dengan kesenian Kentongan. Kentongan, merupakan perpaduan musik tradisional dan modern asal daerah ngapak. Sebelum arisan dan diskusi dimulai, para tamu undangan disuguhi dengan nyanyian-nyanyian berbahasa jawa diiringi musik kenthongan.



Baca juga: Prokutim Hadir Untuk Menggairahkan Ekonomi Kerakyatan Sangatta

Dalam diskusinya, Handoko selaku pembina paguyuban berharap kegiatan-kegiatan paguyuban panginyongan bisa berjalan terus secara konsisten, salah satunya arisan bulanan yang rutin dilakukan sebagai ajang temu kangen dan merekatkan persaudaraan.

“Alhamdulillah dengan perkumpulan seperti ini kita tambah saudara, silaturahim antar warga ngapak terus terjalin. Mudah-mudahan juga kenthongan bambu laras sebagai kesenian kebanggaan panginyongan bisa tambah eksis”, tuturnya.

Selesai arisan dan diskusi, kemudian dilanjutkan dengan santap bersama makan makanan khas ngapak, seperti mendoan dan soto uceng sambil dihibur dengan musik kentongan. ***mctr



This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement